Pendaftaran mahaiswa Baru Universitas Terbuka Program Sarjana dan Diploma Semester 2018/19.2 mulai Tanggal 4 Desember 2018 - 6 Febuari 2019. Registrasi Online bisa melalui http://sia.ut.ac.id

ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) DI UPBJJ-UT MALANG

MASA REGISTRASI 2018/2019.1 (2018.2)

            

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Malang, kembali menyelenggarakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Kegiatan OSMB ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 15-16 September 2018 di halaman kantor UPBJJ UT Malang. Peserta OSMB kali ini adalah seluruh mahasiswa baru yang terdaftar pada masa registrasi 2018/2019.1 (2018.2).

 


Foto-1-okPenerapan sistem kalender akademik tunggal menjadikan OSMB kali ini sedikit berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Jika pada semester sebelumnya pelaksanaan OSMB antara mahasiswa pendas dan nonpendas dilaksanakan secara terpisah, maka pada penyelenggaraan OSMB kali ini, mahasiswa program non pendas (FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP non PGSD) dapat berbaur dengan mahasiswa pendas (program studi PGSD dan PGPAUD).

Foto-2 

Direncanakan kegiatan OSMB di UPBJJ-UT Malang dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama, pada hari Sabtu - Minggu tanggal 15-16 September 2018. Pada tahap pertama ini, mahasiswa peserta OSMB berasal dari kabupaten/kota Blitar sebanyak 279 orang, kabupaten/kota pasuruan sebanyak 296 orang program Pendas dan 50 orang mahasiswa program nonpendas. Sedangkan mahasiswa program Pendas dari kabupaten Trenggalek sebanyak 123 orang, Kota Malang sebanyak 125 mahasiswa program Pendas dan 300 orang mahasiswa Non-Pendas, mengikuti OSMB pada hari Minggu, 16 September 2018. Pelaksanaan untuk gelombang berikutnya digelar pada pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 22-23 September 2018 untuk mahasiswa dari Kabupaten Tulungagung, Kabupaten/Kota Kediri, serta Kabupaten Malang.

 

Foto-3 

Acara OSMB ini diawali dengan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan OSMB oleh Direktur UPBJJ-UT Malang Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd, yang ditandai dengan penyematan jaket almamater UT kepada dua orang perwakilan mahasiswa. Dalam sambutannya, Direktur UPBJJ-UT Malang, mengucapkan selamat datang dan bergabung dengan keluarga besar UT, khususnya UPBJJ-UT Malang. Beliau juga menyampaikan bahwa pilihan mahasiwa untuk menjadikan UT sebagai wadah untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi adalah pilihan yang sangat tepat. Hal ini terkait dengan status UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang selalu menjadikan jaminan kualitas dalam setiap layanan baik layanan akademik maupun non akademik bagi setiap mahasiswa sebagai hal yang utama. Semoga para mahasiswa baru ini, dapat belajar dengan baik dan menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

 

Foto-4 

 Selain itu, Direktur UPBJJ –UT Malang juga menyampaikan bahwa mulai tahun ini UT telah menetapkan kebijakan baru tentang kewajiban penyelenggaraan kegiatan Edukasi Kesiapan Belajar Mahasiswa (EKBM) yang terdiri dari Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM) bagi semua mahasiswa baru. EKBM ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman yang benar tentang PJJ, sistem belajar di UT, keterampilan belajar efektif dan pemanfaatan layanan online UT, serta membekali mahasiswa dengan kesanggupan belajar di UT tanpa tergantung kepada pihak lain. Sedangkan, OSMB yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan pengenalan kepada mahasiswa baru mengenai proses belajar jarak jauh dan Universitas Terbuka sebagai lingkungan akademis. Mengingat pentingnya OSMB dan PKBM bagi mahasiswa baru, maka keikutsertaannya bersifat Wajib. Untuk mahasiswa yang berhalangan hadir dalam kegiatan ini, mereka akan diberikan klinik belajar.

Foto-5 

Kegiatan OSMB dilanjutkan dengan penjelasan materi mengenai konsep UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh, sistem registrasi dan ujian, simulasi penggunaan layanan UT online, serta beasiswa dan kegiatan kemahasiswaan. Semua materi tersebut disampaikan oleh para pembicara yang berasal dari kalangan pegawai UPBJJ-UT Malang, baik tenaga dosen, administrasi dan tenaga ICT, dengan baik dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Di setiap akhir penjelasan materi, setiap pembicara menyediakan sessi tanya jawab. Bagi mahasiswa yang berani mengajukan pertanyaan, panitia tidak lupa menyediakan hadiah spesial sehingga antusiasme para mahasiswa baru ini dalam mengajukan pertanyaan cukup tinggi. Diharapkan, melalui kegiatan OSMB ini mahasiswa benar-benar dapat memahami sistem belajar yang diterapkan di UT dan mampu mengaplikasikan berbagai layanan bantuan belajar berbasis online yang tersedia dalam website UT.

Kontributor: Dame dan Hilmi

 

Alamat UPBJJ UT Malang

kantor-ut-noalamat

Jl.Mayjen Sungkono No. 9

Malang Jawa Timur

Tlp : (0341) 751600

Fax: (0341) 751717

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 


Copyright © 2018 Universitas Terbuka. All Rights Reserved.

INFORMASI UPBJJ UT MALANG