PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

KEREN ! ALUMNI UT MALANG JADI PEMENANG INOVASI PEMBELAJARAN 2018

 

whatsapp image 2018-11-12 at 11.43.52

KOTA MALANG – Di antara 2.782 mahasiswa Universitas Terbuka yang menjalani prosesi wisuda di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) terselip nama Laila Rofiqotut Thoyyibah SPd MPd. Perempuan yang juga tercatat sebagai ASN Kota Blitar itu sukses menjuarai Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2018.

Laila menang berkat tulisan berjudul Penggunaan Media Lispinet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ciri-Ciri Bangun Datar Siswa Kelas II SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Tulisannya itu dilatarbelakangi fakta bahwa kebanyakan siswa SD tidak suka dengan matematika.

laila2

Karena itu, perlu ada inovasi dalam media pembelajaran agar siswa tertarik dengan matematika. ”Media pembelajaran sebenarnya cukup banyak dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membelinya,” terangnya.

 

Nah, Laila pun menemukan media pembelajaran Lispinet. Di mana semua bahan-bahannya terbuat dari barang bekas, seperti kertas karton, spinner, magnet, dan biji gotri. ”Media ini melatih siswa untuk berkolaborasi dalam kelompok, berkomunikasi dalam menyampaikan hasil kerja, melatih berpikir kritis ketika mengidentifikasi ciri-ciri bangun datar, dan menyimpulkan nama bangun datar, serta dilatih berpikir kreatif ketika menyusun bangun datar menjadi bentuk lain,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Malang Dra Barokah Widuroyekti MPd mengapresiasi apa yang dicapai Laila. ”Semoga ini jadi inspirasi bagi mahasiswa UT lainnya. Keberhasilan alumni menunjukkan bahwa kualitas UT tidak kalah dengan universitas lainnya,” kata dia.

https://radarmalang.id/keren-alumni-ut-malang-jadi-pemenang-inovasi-pembelajaran-2018/

Pewarta: Binti
Editor: Amalia
Penyunting: Indra Mufarendra