Pendaftaran mahaiswa Baru Universitas Terbuka Program Sarjana dan Diploma Semester 2018/19.2 mulai Tanggal 4 Desember 2018 - 6 Febuari 2019. Registrasi Online bisa melalui http://sia.ut.ac.id

UNIVERSITAS TERBUKA MALANG MANTAPKAN SISTEM PENJAMINAN MUTU

 

ut-malang-2 1 copyMalang Kota – Universitas Terbuka (UT) Malang berkomitmen memantapkan sistem penjaminan mutu di kam¬pusnya. Ada tiga fokus pengembangan dalam pemantapan tersebut, diawali dengan monitoring tutorial, 27 Oktober hingga 6 Desember mendatang.

Ketiga fokus pengembangan itu antara lain peningkatan kualitas akademik, pen¬ingkatan angka partisipasi mahasiswa, serta peningkatan efektivitas dan efisiensi manajemen internal UT yang didasari prinsip good corporate governance.

Peningkatan kualitas akademik mis¬alnya. UT tengah berupaya menin¬gkatkan layanan bantuan belajar. Implementasinya bisa berupa Tutorial Tatap Muka (TTM).

Layanan TTM bagi seluruh mahasiswa program pendidikan dasar (pen¬das) (S1-PGSD dan S-1 PGPAUD) dan mahasiswa program nonpendas (beasiswa bidikmisi dan CSR) diatur oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). ”Saat ini, UPBJJ-UT Malang memiliki mahasiswa sebanyak 11.987 orang. Mereka tersebar di 13 kab/kota,” terang Kepala UPBJJ-UT Malang Dra Barokah Widuroyekti MPd.

Pada masa registrasi 2018 ini, layanan TTM dilaksanakan di 43 lokasi. Setidaknya melibatkan 500 tutor yang direkrut dari dosen perguruan tinggi pembina (dari UM dan UB), perguruan tinggi swasta, LPMP, dan praktisi.

Bagi mahasiswa program nonpendidikan dasar (nonpendas), pelaksanaan TTM dipusatkan di kantor UPBJJ-UT Malang. Mahasiswa nonpendas berasal dari 4 fakultas sejumlah 245 mahasiswa. Sedangkan mahasiswa program pendas berjumlah 9.213, mengikuti TTM di tiap kab/kota.

Lebih lanjut, Barokah menyampai¬kan bahwa layanan TTM ini berbeda dengan perkuliahan tatap muka. Jika perkuliahan tatap muka dilaksanakan sebanyak 16 pertemuan, TTM hanya diberikan sebanyak 8 kali pertemuan.
Setiap pertemuan, mahasiswa dibimbing oleh tutor untuk berdiskusi dan tanya jawab mengenai materi bahan ajar (modul), memecahkan masalah yang sedang dihadapi, memberikan pengayaan, dan contoh-contoh yang mudah dipahami.

”Diharapkan mereka dapat menger¬jakan soal ujian akhir semester (UAS), dan bagi mereka yang aktif mengikuti tutorial akan mendapat kontribusi ni¬lai sebesar 50% yang diakumulasikan dengan nilai akhir,” tandas Barokah.

UPBJJ-UT Malang selalu berupaya untuk menggelar layanan TTM yang berkualitas. Mulai dari pemilihan lo¬kasi, penyusunan jadwal sesuai dengan kebutuhan kelas, dan mata kuliah tiap lokasi serta melakukan monitoring pelaksanaan tutorial.

Melalui kegiatan monitoring tuto¬rial yang rutin digelar setiap tahun ini, Barokah berharap ada masukan-masukan dari mahasiswa, tutor, dan pengelola di daerah sebagai bahan masukan untuk meningkatkan jaminan kualitas layanan tutorial di masa yang akan datang.

Pewarta: Binti
Editor: Amalia
Penyunting: Indra Mufarendra

https://radarmalang.id/universitas-terbuka-malang-mantapkan-sistem-penjaminan-mutu/

Alamat UPBJJ UT Malang

kantor-ut-noalamat

Jl.Mayjen Sungkono No. 9

Malang Jawa Timur

Tlp : (0341) 751600

Fax: (0341) 751717

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 


Copyright © 2018 Universitas Terbuka. All Rights Reserved.

INFORMASI UPBJJ UT MALANG