UPDATE INFO !!! untuk Lokasi Ujian masa 2019.1 Wilayah Kota Pasuruan terdapat pembaharuan Lokasi yang sebelumnya di SMKN 1 PASURUAN diganti ke SMK PGRI 2 PASURUAN dengan alamat Jl. Balaikota No.9, Kandangsapi, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur --- UT Malang menerima pendaftaran mahasiswa baru masa 2019.2 semua jurusan melalui kantor UPBJJ UT JL.Mayjen Sungkono No.9 Malang mulai jam 8.00 sampai 16.30 atau via online http://sia.ut.ac.id

Pastikan UAS Lancar, UT Malang Gelar Rakor Pokjar

Memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia, yakni sekitar di angka 300 ribuan menjadi hal menantang tersendiri bagi Universitas Terbuka (UT). Bagaimana tidak, di setiap akhir semester, UT harus memfasilitasi agar seluruh mahasiswa tersebut dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) dengan baik. Besarnya jumlah mahasiswa dan tersebarya domisili mereka menuntut UT untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, disamping sistem penyelenggaraan yang sudah matang. Dalam pelaksanaan UAS ini, UT rutin berkerja sama dan berkomunikasi dengan Kelompok Belajar (Pokjar) masing-masing daerah untuk memfasilitasi mahasiswa mengikuti ujian di masing-masing wilayahnya. Di UT Malang sendiri, setidaknya terdapat 34 pokjar di 13 kota dan kabupaten wilayah kerja UT Malang.

 rapat-pokjarSebelum pelaksanaan UAS yang diadakan pada 9, 15, dan 16 Desember 2018, UT Malang mengadakan Rapat Koordinasi Pokjar pada 2 Desember 2018 di ruang pertemuan UT Malang. Seluruh pokjar kabupaten dan kota di wilayah kerja UT Malang diundang untuk menghadiri acara ini. Selain berkoordinasi dengan Pokjar dari berbagai wilayah tersebut, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaring aspirasi mereka sebagai pihak yang sangat membantu UT selama ini. Aspirasi ini menjadi sangat penting karena Pokjar selama ini menghadapi secara langsung kendala-kendala dan keluhan-keluhan yang selama ini dialami oleh mahasiswa di daerah-daerah. 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur UT Malang Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd. yang didampingi oleh Manajer Registrasi dan Ujian Drs. Daryoko, Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar Soraya Habibi, S.Pd., M.Si., dan Manajer Tata Usaha Kuncoro Seno, S.Pd.

Dalam sambutannya, Direktur UT Malang menyampaikan penghargaannya kepada para pengurus Pokjar yang telah hadir. Ia kembali menekankan bahwa Pokjar merupakan mitra penting UT yang berjasa membantu memberikan layanan pendidikan bagi mahasiswa. Direktur yang akrab disapa Wiwid ini menambahkan, sosialisasi dan promosi ke berbagai kalangan melalui berbagai media kini tengah gencar dilaksanakan. Oleh karenanya, ia menyampaikan bahwa Pokjar mempunyai peran penting untuk memberikan edukasi yang baik mengenai UT. Pokjar dapat membuat perencanaan untuk sosialisasi dan promosi di wilayah masing-masing.

 

Direktur UT Malang menginformasikan, kini UT telah menerapkan kalender tunggal, dimana tidak ada pemisahan lagi antara PGSD-PGPAUD dan FE-FMIPA-FHISIP-FKIP, sehingga UAS kini diadakan bersamaan. Ia juga menginformasikan tentang pembukaan Program Studi baru di UT yakni Sistem Informasi pada semester mendatang.

 

Terkait dengan persiapan UAS semester ini, Manajer Registrasi dan Ujian Drs. Daryoko dan Manajer Tata Usaha Kuncoro Seno, S.Pd. menyampaikan beberapa hal terkait dengan persiapan, termasuk hal administratif yang perlu disiapkan. UAS kali ini sedikit berbeda, karena telah ditetapkan kalender tunggal maka para pengurus Pokjar diharap mempersiapkan diri dengan banyaknya jumlah mahasiswa yang akan ikut ujian. Kendala yang mungkin terjadi di lapangan perlu diidentifikasi lebih awal, agar UAS dapat berjalan dengan lancar. Ia berharap, UAS semester ini dan semester-semester berikutnya dapat berjalan dengan lancar dan semakin lebih baik. (HKSuma)