Pendaftaran mahaiswa Baru Universitas Terbuka Program Sarjana dan Diploma Semester 2018/19.2 mulai Tanggal 4 Desember 2018 - 6 Febuari 2019. Registrasi Online bisa melalui http://sia.ut.ac.id

RIBUAN WISUDAWAN UT MALANG SIAP MASUKI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Unit Program Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Malang, kembali menyelenggarakan kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI), di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), pada tanggal 21 April 2019. Peserta UPI kali ini berjumlah 1.083 lulusan, yang terdiri dari 756 lulusan dari Program Studi PGSD, 224 lulusan dari Program Studi PAUD, dan 103 lulusan dari program studi pada Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan 1 orang lulusan Program Pascasarjana.  

Tidak seperti pelaksanaan UPI sebelumnya, kegiatan UPI kali ini nampak lebih spesial karena UT Malang menggelar UPI tepat di momen Hari Kartini dan dihadiri Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi keluarga besar UPBJJ-UT Malang, ditengah kesibukannya yang cukup padat, Rektor UT masih meluangkan waktu untuk berkanan menghadiri acara UPI ini.

artikel upi 1

Kegiatan UPI diawali dengan acara Seminar Akademik yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2019, dengan tema ”Optimalisasi Peran Lulusan Universitas Terbuka dalam Membangun Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0”. Agenda seminar akademik kali ini bertujuan untuk mendongkrak semangat lulusan UT agar memiliki kontribusi lebih dalam memasuki era revolusi industri 4.0,  dengan menghadirkan nara sumber dari Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Umi Dayati, MPd.

Acara seminar dibuka secara resmi oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan bahwa kini telah menginjak pada Era Revolusi Industri 4.0”. Revolusi Industri 4.0 mendorong lahirnya pekerjaan-pekerjaan baru yang menuntut berbagai kemampuan baru, serta menggeser pekerjaan-pekerjaan lama. Dalam era Revolusi 4.0 ini, alumni Universitas Terbuka, perlu meresponnya melalui peningkatan kompetensi terutama penguasaan teknologi komputer, keterampilan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama secara kolaboratif, dan kemampuan untuk terus belajar dan adaptif terhadap perubahan lingkungan.

 artikel upi 2

Selanjutnya, Dr. Umi Dayati, M.Pd, dalam pemaparannya menyampaikan 4 (empat) kunci sukses dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yakni: Pertama, komunikasi, di era Revolusi Industri 4.0  pola komunikasi lebih dominan dilakukan melalui berbagai media sosial dan perangkat (gadget) canggih, namun, harus dilakukan dengan ketulusan dan kepribadian yang bersifat baik. Kedua, Collaboration. Menekankan setiap orang untuk dapat berkolaborasi dengan diri sendiri untuk mengubah hal-hal yang kurang atau negatif demi kemajuan atau keberhasilan yang akan dicapai. Ketiga, Critical Thinking dan Problem Solving. Selalu sadar lingkungan dan sadar tanggungjawab. Apabila ada masalah, perlu diselesaikan  dengan pikiran yang positif dan obyektif serta menerapkan tahapan logis (analisis, simpulan, alternatif-alternatif keputusan, konsekwensi dan dampak keputusan). Keempat, kreatif dan  inovatif. Kreatif, dalam pemikiran dan tindakan yang berkenaan dengan karya sesuai ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah di UT. Inovatif merupakan tindakan dan pemikiran yang tertuang dalam karya yang belum pernah dilakukan orang atau pihak lain.

Dalam seminar ini juga diadakan temu wicara antara Rektor UT Prof Ojat Darojat M.Bus Ph.D, Kepala UPBJJ-UT Malang, Dra Barokah Widuroyekti M.Pd, Koordinator Registrasi dan Pengujian Drs. Daryoko, Koordinator Layanan Bantuan Belajar Soraya Habibi, S.Pd., M.Si, dan Kasubag TU Kuncoro, S.Pd, dan peserta seminar. Kegiatan temu wicara ini dimaksudkan untuk menampung aspirasi lulusan UT terkait  dengan pengalaman mereka menjalani proses pembelajaran di UT.

artikel upi 3

Mengawali acara temu wisacara ini, Kepala UPBJJ-UT Malang, menyapa seluruh peserta seminar yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota se Wilayah UPBJJ-UT Malang, yaitu Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Nganjuk, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Bilitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Pacitan. Selain itu, bertepatan dengan momen Hari Kartini, Kepala UPBJJ-UT Malang,  mengharapkan wisudawan UT, khususnya perempuan harus berdaya apalagi mereka juga sudah dibekali ilmu sebelum terjun di masyarakat. Diharapkan mereka berani berkiprah dalam lingkungannya sesuai bidang ilmu dan keterampilan yang sudah dilatih dan dipelajari selama mengikuti perkuliahan di UT. Hal tersebut, atas dasar pertimbangan dan pengalaman belajar mahasiswa UT yang selama ini sudah dilatih dan dibekali keterampilan belajar mandiri dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi melalui operasionalisasi berbagai sumber belajar online.  Semoga bisa berdedikasi dan menjaga nama baik almamater,” ujar Barokah.

Sementara itu, Rektor UT, menitipkan pesan kepada para peserta seminar agar membuang segala pelayanan yang belum memuaskan selama menempuh pembelajaran di UT dan berharap semua lulusan UT secara bersama-sama untuk membersarkan UT. Salah satunya dengan memberikan informasi yang benar tentang UT kepada semua masyarakat, khususnya teman, keluarga dan jejaring lainnya. Usai agenda seminar dan temu wicara, agenda UPBJJ-UT Malang berlanjut dengan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan bahwa kita patut berbangga bahwa Menristekdikti  telah mendorong Universitas Terbuka sebagai benchmark cyber university di Indonesia dan  menghimbau kepada para pimpinan perguruan tinggi untuk menjadikan UT sebagai benchmark dalam penyelenggaraan sistem belajar jarak jauh. Himbauan Menteri Ristekdikti tersebut sangat logis mengingat UT sudah cukup lama memantapkan jati dirinya sebagai Cyber university (Cyber U)”. Untuk menuju cyber university yang handal, saat ini UT telah menyediakan berbagai layanan akademik yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terkini, diantaranya Student Record System (SRS4G) untuk mendukung sistem registrasi dan administrasi akademik, online billing system, Sistem Informasi Bahan Ajar, Toko Buku Online, Bahan Ajar Digital, Tutorial Online (sinkronus dan asinkronus), perpustakaan digital, dan system ujian online termasuk online proctoring.

Sementara itu,  Rektor UM yang diwakili Wakil Rektor I,  Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si mewakili Rektor Perguruan Tinggi Pembina UT Malang, yakni Universitas Brawijaya dan  Universitas Negeri Malang, dalam sambutannya berpesan pada para Wisudawan bahwa: “bagi Anda lulusan UT, gelar dan ijazah adalah alat dan perlengkapan perjuangan diri untuk membantu merengkuh mimpi, harapan, dan cita-cita. Jadi dia bukanlah tujuan, tetapi sayap agar Anda dapat terbang lebih tinggi lagi menggapai anugerah terbaik Ilahi dalam hidup ini. Namun demikian, memiliki pendidikan tinggi dan gelar yang tersandang, tidak serta merta dunia akan berubah, tunduk di bawah kemauan Anda dan menjadi milik Anda. Anda harus merebutnya melalui perjuangan serta kerja yang keras dan cerdas. 

Acara UPI kali ini, juga turut dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, yang diwakili Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus, Ir Heryani MM. Dalam sambutannya “mengajak kepada seluruh wisudawan UT untuk tidak merasa rendah diri dengan lulusan dari universitas lain. Melalui proses belajar mandiri yang cukup melelahkan, Anda telah membuktikan bahwa Anda ternyata mampu. Betapapun berat dan manisnya hidup ini hanya akan dipetik oleh mereka yang berani, kuat, dan sabar dalam menghadapi dan menaklukkan tantangannya. 

Pada waktu yang bersamaan, Kepala UPBJJ-UT Malang, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd, dalam sambutannya mengharapkan  lulusan UT memiliki kontribusi lebih di masyarakat. ”Kita tentu memberikan apresiasi pada mereka yang sudah berusaha dengan keras dan maksimal hingga lulus. Harapannya alumni punya dedikasi yang tinggi dalam menerapkan ilmunya, terutama untuk guru-guru yang mengajar dan tetap menjaga nama baik UT sehingga lebih dipercaya di masyarakat”. 

artikel upi 4

Dalam wisuda periode pertama tahun 2019, UPBJJ-UT Malang memberikan penghargaan untuk wisudawan dengan peraih IPK tertinggi, yakni Puji Astuti dari program pendas S-1 PGSD dengan IPK 3,7,  Parlina Ariani program pendas S-1 PAUD dengan IPK 3,78, dan Annisa Ayu Mufida program non pendas S-1 Manajemen dengan IPK 3,96.

 

 

Kontributor: Pardamean Daulay dan Florentina Ratih Wulandari



Alamat UPBJJ UT Malang

kantor-ut-noalamat

Jl.Mayjen Sungkono No. 9

Malang Jawa Timur

Tlp : (0341) 751600

Fax: (0341) 751717

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 


Copyright © 2019 Universitas Terbuka. All Rights Reserved.

INFORMASI UPBJJ UT MALANG