UPDATE INFO !!! untuk Lokasi Ujian masa 2019.1 Wilayah Kota Pasuruan terdapat pembaharuan Lokasi yang sebelumnya di SMKN 1 PASURUAN diganti ke SMK PGRI 2 PASURUAN dengan alamat Jl. Balaikota No.9, Kandangsapi, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur --- UT Malang menerima pendaftaran mahasiswa baru masa 2019.2 semua jurusan melalui kantor UPBJJ UT JL.Mayjen Sungkono No.9 Malang mulai jam 8.00 sampai 16.30 atau via online http://sia.ut.ac.id

Optimalisasi Peran Pengurus Pokjar : UT Malang Laksanakan Rakorda

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Malang kembali menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) yang bertempat di kantor UT Malang, Kamis 23 Mei 2019. Rakorda kali ini dihadiri oleh perwakilan kelompok belajar (Pokjar) masing-masing 2 orang yang tersebar di seluruh wilayah UPBJJ-UT Malang. Rakorda merupakan agenda rutin setiap semester dan moment penting untuk melakukan refleksi dan evaluasi apakah kegiatan operasional layanan pengurus pokjar telah sesuai dengan prosedur kerja yang ditetapkan. Selain itu, rakorda juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyosialisasikan kebijakan terbaru di bidang akademik dan pelayanan administrasi, demikian diungkapkan ketua panitia Drs. Sigit Waluyo, M.Pd.

 

Direktur UT Malang, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran pengurus pokjar merupakan momen penting, karena Pokjar merupakan ujung tombak pelayanan mendasar dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar mahasiswa UT di daerah. Tanpa peran Pengurus Pokjar, UT tidak akan mampu menjangkau mahasiswa ke seluruh pelosok tanah air, sesuai motto UT “menjangkau yang tidak terjangkau”.

 

Sebagai bagian dari unit pengelolaan UT, maka sekecil apa pun kekeliruan yang dilakukan oleh pengurus Pokjar tidak bisa dilepaskan dari nama UT. Agar kegiatan yang dilakukan pokjar sinkron dengan Panduan Pengurus Pokjar yang ada sehingga sinergisitas yang terbangun semakin membawa dampak pada peningkatan kualitas layanan, maka kebijakan terbaru mengenai layanan akademik dan administrasi perlu disampaikan.

 

Dalam kesempatan rakorda ini, Direktur UT Malang mensosialisasikan beberapa kebijakan baru UT, diantaranya; Pertama, implementasi pendaftaran (registrasi) mahasiswa baru sepanjang tahun,  Kedua, beban studi mahasiswa maksimal 24 SKS per semester, terdiri dari mata kuliah registrasi, mata kuliah paket tertinggal, mata kuliah ujian ulang, termasuk ujian ulang online, mata kuliah tugas remediasi; dan/atau mata kuliah Tugas Khusus, Ketiga, kewajiban membeli bahan ajar bagi mahasiswa baru non-sipas, Keempat, pendaftaran mahasiswa baru dikenakan biaya Rp 100.000,00, biaya tersebut sudah termasuk  Katalog penyelenggaraan UT, katalog kurikulum, Kit Mahasiswa, dan kalender akademik, dan Kelima, UT akan memberlakukan kalender akademik Program Sarjana dan Diploma reguler dan online

IMG 0192

Selain itu, Direktur UT Malang juga menyampaikan kebijakan baru UT di bidang kemahasiswaan, termasuk soal beasiswa bidikmisi serta pengembangan minat dan bakat yang bisa diiikuti oleh para mahasiswa. Bahkan, pada tahun 2019 ini, UPBJJ-UT Malang menargetkan 5 orang mahasiswa dapat meraih juara di tingkat nasional dan internasional. Dalam waktu dekat ini, UPBJJ-UT Malang akan mengikuti kegiatan Disporseni nasional, tanggal 29 Agustus—2 Sept 2019 di UT Pusat. Untuk mempersiapkan kontingen UT Malang meraih juara pada acara tersebut, pada awal Juni 2019 nanti akan dilaksanakan Disporseni di tingkat UPBJJ-UT Malang. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaring atau menyeleksi peserta yang akan mewakili UT Malang pada acara tersebut. Barokah menitip pesan, agar selutuh pengurus Pokjar dapat mensosialisasikan kegiatan tersebut kepada mahasiswa.

Lebih lanjut, Barokah menyampaikan bahwa UPBJJ UT Malang sebenarnya telah berupaya untuk menciptakan kemandirian mahasiswa dalam melakukan pengurusan administrasi dan keperluan akademiknya, dengan cara menyediakan berbagai layanan administrasi dan keperluan akademik secara online, sehingga diharapkan mahasiswa tidak perlu jauh-jauh ke kantor UPBJJ Malang untuk mengurus keperluannya. Peran pokjar dalam hal ini bisa menjadi jembatan informasi sehingga mahasiswa mampu mengelola sendiri keperluannya dengan manafaatkan fasilitas UT online yang sudah ada. Oleh karena itu, tema rakorda yang dipilih kali ini adalah “Optimalisasi Peran Pengurus Pokjar dalam Rangka Peningkatan Kualitas  Layanan Mahasiswa melalui Pemanfaatan UT Online”.

ibu2

Sesuai dengan tema tersebut, acara rakorda ini dibarengi dengan sosilisasi pemanfaatan UT Online yang disampaikan oleh Dian Ferianto, S.Kom. Materi yang disampaikan penggunaan sia.ut.ac.id, bahan ajar digital, dan tutorial online. Seluruh pengurus Pokjar sangat antusias mengikuti pelatihan penggunan layanan UT online ini. Diharapkan sosialisasi UT online ini dapat ditularkan kepada seluruh mahasiswa yang ada di daerah masing-masing.

 

Dalam kesempatan tersebut, Manager BBLBA UT Malang, Soraya Habibi, M.Si juga menjelaskan bahwa secara terus menerus akan dilakukan evaluasi guna meningkatkan mutu dan kualitas layanan akademik, khususnya pelaksanaan ujian PKM dan PKP. Evaluasi  bertujuan untuk memastikan setiap kegiatan dan pelayanan yang diberikan berlangsung secara cepat, efektif dan efisien.

IMG 0260

 

Sementara itu, Manager Registrasi dan Pengujian Drs. Daryoko, juga memaparkan  tentang persiapan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) masa registrasi 2019.1, yang akan dilaksanakan tanggal 23 dan 30 Juni 2019. Pelaksanaan ujian menggunakan kalender tunggal, seperti yang sudah diterapkan pada semester sebelumnya. Di mana dengan sistem kalender tunggal tersebut, mahasiswa program Pendas dan Nonpendas, serta Pascasrjana  mengikuti ujian secara bersamaan.

 IMG 0238

Kegiatan Rakorda kali ini, terasa berbeda dan istimewa karena dilaksanakan bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan. Momen penting ini pun digunakan untuk kegiatan buka puasa bersama dengan pengurus Pokjar dan seluruh pegawai UPBJJ-UT Malang. Sambil menunggu waktu berpuka, acara diisi dengan tausiyaj yang disampaikan oleh Ustad Irpan, S.AG., M.Ag.

IMG 0311

Dalam taujiahnya, beliau menjelaskan barokah bulan Ramadhan, diantaranya melatih kita melaksanakan tugas dengan tertib, ikhlas dan penuh tanggungjawab. Semoga kemuliaan bulan Ramadhan ini, UPBJJ-UT Malang memperoleh barokah yang berlipat ganda. 

 

Kontributor: Pardamean Daulay