PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

Tingkatkan Solidaritas, UT Malang Selenggarakan Halal Bil Halal

Dalam rangka meingkatkan solidaritas dan talisilaturrahmi diantara pegawai, UPBJJ-UT Malang menyelenggarakan acara Halal Bihalal 1440 H. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Kamis 13 Juni 2019, bertempat di ruang pertemuan UPBJJ-UT Malang. Hadir dalam acara tersebut seluruh pegawai UPBJJ-UT Malang dan pegawai purna tugas (Drs. Fatoni, Dra. Sri Sukarmini, Dra. Lusi).

 HBH (2)       

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat Suci Alqur’an yang dibacakan oleh Yetti Yulinda dan saritilawah Aji Seto (Mahasiswa Bidikmissi, Jurusan Ekonomi Pembangunan), sambutan pegawai Purna Tugas yang diwakili Bapak Drs. Fathoni, dan sambutan Direktur UT Malang, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd.

           HBH (8)HBH (7)HBH (5)

Mengawali sambutannya, Direktur UT Malang menyampaikan bulan Suci Ramadhan telah meninggalkan kita, bulan yang penuh barokah dan ampunan. Untuk menyempurnakan ibadah yang telah kita jalankan selama satu bulan penuh, kini saatnya kita saling bermaafan dalam acara halal bilhalal keluarga besar UPBJJ-UT Malang. Beliau menyampaikan ucapan “Selamat Hari raya ‘idul Fitri 1440 H. Minal ‘aidiin Wal Faaiziin, Mohon maaf lahir dan batin”. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan di antara kita dan memberikan kekuatan lahir dan batin.

HBH (4)

Dalam kesempatan ini, Direktur UT Malang juga menyampaikan “melalui Halal Bihalal ini, kita dapat semakin mempererat silaturrahmi dan solidaritas yang lebih solid diantara keluarga besar UPBJJ-UT Malang, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja. Direktur UT Malang juga berpesan kepada para pegawai bahwa momen Idul Fitri kita jadikan sebagai langkah awal untuk lebih meningkatkan ikatan diantara sesama pegawai dan juga yang terpenting meningkatka ikatan kita kepada Allah SWT. Jika ikatan hati kita dengan Allah tertata dengan baik, pasti dalam menjalankan tugas sehari-hari selalu diiringi dengan keikhlasan dan senantiasa bekerja dengan baik, cerdas dan tuntas.

 

Diakhir sambutannya, Direktur UT Malang mengajak seluruh pegawai UT Malang untuk mendoakan Bapak Dian Ferianto, S.Kom, salah seorang pegawai UT Malang yang rencananya bulan Juli 2019 ini akan menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci Makkah. Diiringi dengan do’a dan harapan, semoga dalam menjalankan ibadah haji nantinya belaiau diberi kemudahan, kesehatan dan memperoleh haji mabrur. Amin...

Dalam kesempatan ini, UPBJJ-UT Malang juga mengundang Al-Ustadz I Wayan Aditama, M.Ag, untuk memberikan ceramah Agama/mau’idzah hasanah seputar makna Halal Bihalal. Dalam ulasannya, Ustadz I Wayan memulai ceramahnya dengan menyanjung keberadaan Universitas Terbuka (UT). Menurutnya, nama Universitas Terbuka sudah sangat tepat, karena dalam berperilaku sehari-hari seharusnya kita harus terbuka. Dengan keterbukaan itulah kita dilatih untuk berbuat jujur dalam menjalankan tugas sehari-hari. Salah satu wujud konsistensi dalam menegakkan kejujuran dalam bekerja kata ustad I Wayan adalah “masuk dan pulang kerja tepat waktu, sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan. Jika ini terus menerus kita tarapkan sungguhnya ini adalah bagian dari ibadah yang apabila dikerjakan dengan tulus dan ikhlas, insya alloh akan memperoleh pahala dan yang terpenting akan meningkatkan produktivitas kerja di kantor UPBJJ-UT Malang.

                HBH (6)HBH (1)

Lebih lanjut, ustad I Wayan, juga menyampaikan bahwa makna Halal Bihalal sebebenarnya ada tiga, yaitu; meminta maaf, memaafkan, dan saling memaafkan. Dalam ketiga aspek tersebut, sebenarnya, kita diperintahkan untuk saling mengingatkan, jika ada teman yang berbuat salah, perlu diingatkan dan tidak perlu dijelek-jelekkan. Sebaik-baik teman adalah orang yang mampu menutupi kesalahan teman yang lain. Ia menambahkan, menjadi orang yang baik di bulan Ramadhan adalah hal yang baik. Namun. akan lebih baik jika setelah Ramadhan, keimanan dan ketakwaan dapat tetap dijaga terlebih lagi jika ditingkatkan. Ia juga menyampaikan penitngnya silaturrahmi, saling maaf memaafkan, meningkatkan ukhuwah islamiyah, dan membenahi akhlak di momen Hari Raya Idul Fitri ini.

 HBH (10)

Acara halal bilhalal ini diakhiri, dengan bermusaffahah atau bersalamam-salaman sebagai inti halal bihalal itu sendiri. Acara bersalam-salaman diawali oleh Direktur UT Malang, Koordinator Registrasi Pengujian, Koordinator BBlBA, dan Kasubag TU, kemudian diikuti seluruh pegawai UPBJJ-UT Malang.

              HBH (11)HBH (14)HBH (12)

Kontributor: Pardamean Daulay, Mahmudah