PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

GALANG PRESTASI, UT MALANG GELAR DISPORSENI 2019

MALANG – Menyambut dies natalis Universitas Terbuka (UT) ke-35, UT akan menyelenggarakan Diskusi Ilmiah Pekan Olahraga dan Seni (Disporseni). Kegiatan ini merupakan ajang unjuk prestasi bagi mahasiswa UT di seluruh Indonesia. Untuk mempersiapkan diri mengikuti even tersebut, UT Malang gelar Disporseni di Tingkat regional di kantor UT Malang di Jalan Mayjend Sungkono no 9 Malang pada hari Minggu (14/07) Kemarin. Perwakilan mahasiswa dan kelompok belajar (Pokjar) dari 13 kabupaten/kota di bawah naungan UT Malang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Kegiatan Disporseni ini dibuka langsung oleh Direktur UT Malang ibu Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd., dihadiri oleh seluruh jajaran dosen dan karyawan. Serta perwakilan pengurus Ikatan Alumni Universitas Terbuka juga hadir menyaksikan.

IMG 0645

Dalam sambutan pembukaan acara Disporseni, Direktur UT Malang berpesan agar semua peserta menampilkan seluruh kemampuannya. ”Disporseni merupakan ajang penelusuran bakat dan prestasi mahasiswa UT dan ke depan akan menjadi agenda rutin tahunan di UT Malang”, sebut Direktur UT Malang. Selain sebagai ajang pencarian bakat dan minat, kegiatan ini dimaksudkan sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana bagi mahasiswa untuk saling bertemu dan berinteraksi, membangun kebersamaan dan rasa solidaritas.

   IMG 0651  IMG 0669  IMG 0659

Disporseni tahun 2019 ini terbagi menjadi 4 bidang yakni Olahraga, seni, TIK, dan Debat Ilmiah. Cabang olahraga memperlombakan Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan Catur. Selanjutnya dibidang seni ada lomba Menyanyi dan Tarian Daerah. Selain bidang olahraga dan seni, UT Malang juga mengadakan lomba dalam bidang Teknologi dan Informasi Komputer (TIK). Dalam bidang TIK ini peserta lomba wajib mempresentasikan berbagai ide inovasi seputar TIK. Setidaknya terdapat 61 peserta dari 13 kabupaten/kota yang terbagi ke dalam beberapa bidang dan kategori perlombaan.

Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis UT ke-35 maka Juara pertama dari setiap cabang lomba akan mewakili UT Malang ke Disporseni tingkat nasional di UT Pusat. Disporseni di UT Pusat akan diikuti oleh peserta perwakilan dari masing-masing daerah seluruh Indonesia. Selain itu, peserta juga berasal dari perguruan tinggi lain dari tujuh provinsi, yakni DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, Banten, dan Lampung. Disporseni nasional UT pada tahun 2019 ini akan diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus hingga 05 September 2019 bertempat di Universitas Terbuka di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Diharapkan pada Disporseni Tahun 2019, UT Malang akan meraih prestasi di semua cabang yang dilombakan. Sebagaimana pada Disporseni Tahun 2018, UT Malang meraih Juara I Lomba Debat Bahasa Indonesia sekaligus Juara I Terbaik Speaker Debat Bahasa Indonesia. Dengan diraihnya Juara I Lomba debat Bahasa Indonesia tersebut, Tim Debat UT Malang dipercaya untuk mengikuti ajang lomba Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2019 di Jakarta, mewakili Universitas Terbuka. Ini merupakan prestasi yang membanggakan.   

Dari hasil perlombaan maka terpilihlah duta-duta Disporseni dari UT Malang yang akan mewakili  Disporseni Universitas Terbuka Tahun 2019 di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Adapun perwakilan dari masing-masing perlombaan bidang olahraga kategori Bulu Tangkis putra adalah Hazmim Tito, sedangkan pada Bulu Tangkis putri adalah Zulva Hidayatul. Pada cabang Tenis Meja putra UT Malang mengirimkan wakil bernama Riza Fachrur Rosi lalu ada Eka Azza perwakilan dari kategori putri. Selanjutnya adalah Priski Aulia sebagai duta olahraga Catur UT Malang.

            IMG 0766 IMG 0744

Cabang lomba seni tari daerah memperlombakan dua kategori yakni perorangan dan kelompok. Duta tari perorangan yang terpilih adalah Dyah Ayu, sedangkan tari kelompok diwakili oleh Nida Shabilla dan Nurhaliza Ariani. Selanjutnya pada lomba menyanyi terdapat kategori putra dan putri sebagai perwakilan UT Malang. Kategori putra juara pertama yang akan mewakili adalah Dedy Agung, untuk kategori menyanyi putri akan diwakili oleh Suci Rahmadhani. Pada kategori menyanyi baik putra dan putri nantinya akan membawakan Himne Universitas Terbuka dan satu lagu bebas.

Pada lomba Inovasi IT terpilih mewakili UT Malang adalah Tika Ratnasari dari Prodi Ilmu Komunikasi. Semua wakil yang terpilih nantinya akan mendapat pendalaman materi dan pelatihan intensif dari mentor dan praktisi profesional. UT Malang optimis semua wakilnya akan memperoleh hasil yang memuaskan dan mengharumkan nama UT Malang. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan citra positif dan gaung UT Malang di kalangan masyarakat semakin meluas. 

Kontributor : Lulus Andika