PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

SAMIDI dan SAMITRI Dari UT Malang untuk Kampung 3D

MALANG KOTA. Sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen UPBJJ-UT Malang melaksanakan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) di Kampung 3D, pada Selasa, 23 Juli 2019, yang bertempat di Balai RW setempat. Kegiatan Abdimas ini diikuti oleh Ibu-ibu anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung 3D sebanyak 20 orang. Pada kesempatan itu, tim Abdimas UT Malang yang diketuai Drs. M. Syarif, M.Pd, memberikan pelatihan cara produksi kripik samiler dengan berbagai varian rasa.

 Pelatihan ini dimulai pukul 18.00 Wib, dipandu oleh fasilitator yang telah berpengalaman dalam mengembangkan usaha kripik samiler di Yogyakarta.

              abdimas 2     abdimas 1

 

Tim Abdimas memberikan bimbingan dan fasilitator mengajak peserta mempratekken cara menggoreng samlier dengan berbagai varian rasa.

Sebelum praktek penggorengan samiler dilaksanakan, fasilitator terlebih dahulu memberikan arahan kepada para peserta tentang bagaimana cara memilih samiler yang baik, bahan-bahan  yang dibutuhkan, seperti minyak goreng, aneka rasa (pedas, balado, sapi, dan lain-lain), dan memperagakan tips memproduksi kripik samiler, termasuk cara menggoreng dan memotong samiler yang baik agar tidak hancur. Selain itu, fasilitator juga memperkenalkan harga-harga bahan yang dibutuhkan, dan mengajak para peserta menghitung jumlah modal yang dibutuhkan dalam memproduksi kripik samiler. Dari modal yang harus dikeluarkan tersebut, kemudian ibu-ibu Kampung 3D diajak mengkalkulasi harga jual yang pas dan menguntungkan.

               abdimas 3 abdimas 4

Ibu-ibu Kampung 3D antusias mengikuti praktek produksi Kripik Samiler

Selama pelaksanaan pelatihan ini berlangsung, Ibu-ibu Kampung 3D Malang sangat antusias menerima arahan dan aktif mengikuti praktek penggorengan kripik. Hal ini terlihat dari banyaknya ibu-ibu yang berpartisipasi saat proses pembuatan kripik samiler varian rasa. Antusias para ibu-ibu ini terlihat juga dari adanya rencana ke depan untuk mengembangkan produksi kripik samilier ini sebagai cemilan khas Kampung 3D. Untuk mendukung itu, para ibu-ibu sepakat memberikan label kripik samiler ini dengan KRIPIK SAMIDI (Samiler Kampung Tridi) untuk varian pedas, sedangkan KRIPIK SAMITRI (Samiler Kampung Tridi) untuk varian rasa manis. Label kripik samiler ini  didukung penuh oleh tim Abdimas UT Malang dan berjanji akan membantu desain logo dan label yang sesuai dengsan khas Kampung 3D. Desain logo dan label ini nantinya akan ditempelkan dalam bungkus kripik samiler agar terlihat rapi dan lebih menarik bagi konsumen.

 

Kontributor : Choy Nadharotun Nur Faizah (mahasiswa Bidikmissi UT), Pardamean Daulay,