UPDATE INFO !!! untuk Lokasi Ujian masa 2019.1 Wilayah Kota Pasuruan terdapat pembaharuan Lokasi yang sebelumnya di SMKN 1 PASURUAN diganti ke SMK PGRI 2 PASURUAN dengan alamat Jl. Balaikota No.9, Kandangsapi, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur --- UT Malang menerima pendaftaran mahasiswa baru masa 2019.2 semua jurusan melalui kantor UPBJJ UT JL.Mayjen Sungkono No.9 Malang mulai jam 8.00 sampai 16.30 atau via online http://sia.ut.ac.id

Mahasiswa UT Malang Kunjungi Radar Malang

MALANG – Mahasiswa Program Studi  Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka (UT) Malang mengunjungi Kantor Jawa Pos Radar Malang (JPRM) untuk melihat langsung aktifitas redaksi. Rombongan mahasiswa berjumlah 19 orang ini didampingi oleh Kordinator Registrasi  & Ujian bapak Drs. Daryoko beserta beberapa dosen UT Malang. Kunjungan yang dilakukan pada kamis (25/7) tersebut dalam rangka menambah referensi keilmuan, khususnya dalam bidang media & jurnalistik.  Rombongan mahasiswa UT Malang diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Radar Malang Mahdi Sampurno di Kantor JPRM, Jl. Kawi No.11 B  Kota Malang.

radar 1

Foto rombongan mahasiswa Prodi Ilmu Komunitas UT Malang

Dalam kunjungan ini, rombongan mahasiswa UT menerima penjelasan materi tentang praktek jurnalisme dan seputar industri media. Pemaparan materi berlangsung santai dan interaktif, diselingi canda dan tawa. Materi jurnalisme disampaikan oleh Bapak Sampurno yang dimulai dari proses pencarian informasi di lapangan, lalu dibuat sebuah berita, kemudian masuk ke ke meja editor, hingga siap dicetak. Disamping penjelasan tentang praktek jurnalisme, Mahdi juga menjelaskan tentang transformasi media massa di era modern. Mahdi Sampurno menyebut media memiliki peran penting di masyarakat. “Media harus bisa mengedukasi masyarakat melalui beritanya, sehingga media harus menyajikan berita yang bermutu dan edukatif”, terang Mahdi. Selain itu, Mahdi juga turut menceritakan suka duka menjadi seorang jurnalis. Menurutnya menjadi jurnalis bakal memberi banyak manfaat baik bagi diri sendiri dan utamanaya bagi masyarakat. Seorang jurnalis harus selalu belajar dan mengasah diri untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik. Jurnalis harus mampu berkomunikasi dengan dengan narasumber. Pasalnya, tidak semua narasumber terbuka dan mau diwawancara.

Selanjutnya mahasiswa mendapat penjelasan tentang fotografi jurnalistik dalam media massa. Materi tentang fotografi jurnalistik dijelaskan oleh fotografer JPRM suharto. Menurut Suharto peranan fotografi dalam jurnalisme sangat penting. “Ibarat sayur tanpa garam”, berita dan informasi yang dimuat tidak tarasa apa-apa tanpa didukung fotografi. Saat ini teknologi fotografi sudah berkembang sangat baik sehingga kebutuhan foto dalam media masa bisa diwakilkan oleh smartphone. Suharto tidak lupa memberikan tips memotret dengan menggunakan smartphone agar menghasilkan hasil yang maksimal. 

Dalam sesi tanya jawab beberapa mahasiswa dan dosen memakai kesempatan untuk berdiskusi dengan awak redaksi JPRM. Mahasiswa antusias bertanya dan mendengarkan penjelasan dari awak redaksi JPRM. Salah satu Dosen UT Malang bapak Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si. bahkan menunjukkan salah satu berita hasil mahasiswa UT Malang untuk dianalisis bersama. Berita yang berisi informasi tentang kegiatan Pengabdian Masyarakat UT Malang di Kampung 3D tersebut lalu dianalisis dan disempurnakan. Pada kesempatan tersebut Mahdi Sampurno memberikan beberapa tips dan trik untuk menulis berita dengan baik.

radar 2

kesempatan Mahasiswa UT mendapat mengililingi dapur redaksi dan bertanya langsung kepada jurnalis

 

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat aktifitas langsung dapur redaksi JPRM. Ruangan redaksi yang berada di lantai dua tersebut merupakan tempat pengumpulan informasi, pengolahan informasi menjadi berita, hingga berita siap cetak. Di dalam ruang redaksi mahasiswa mendapat penjelasan tentang peran masing-masing pekerjaan di ruang redaksi, mulai jurnalis, redaktur/editor, copy editor, redaktur pelaksana, hingga layouter. Sementara untuk bagian promosi, pemasaran, dan iklan berada diruang lain. Mahdi Sampurno menambahkan jika setiap divisi dalam media massa memiliki peran penting karena merupakan satu kesatuan. Jelang adzan Magrib kunjungan berakhir yang ditandai dengan pemberian cinderamata dari UT Malang kepada JPRM. Pihak JPRM juga turut memberikan kenang-kenangan bagi rombongan UT Malang. Sebelum meninggalkan kantor JPRM yang bernuansa biru tersebut, rombongan dan beberapaa karyawan JPRN berfoto bersama di halaman kantor.

radar 3

Penyerahan Cendramata oleh Koordinator Registrasi dan Pengujian Drs. Daryoko

kepada Pimpinan Redaksi Radar Malang, Mahdi Sampurno

 

Melihat antusias yang ditunjukkan oleh mahasiswa UT selama kunjungan, mendapat kesan tersendiri bagi Mahdi Sampurno, dan diakhir kunjungan beliau menitipkan pesan kepada Direktur UT Malang, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd, “jika diperlukan Radar Malang siap memberikan kursus singat atau pelatihan jurnalisme bagi mahasiswa UT”. Semoga tawaran ini dapat ditindak lanjuti oleh UT.

 

 Kontributor: Lulus Andika dan Pardamean Daulay