PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

UT Malang Gelar Seminar Pendidikan

Malang – Universitas Terbuka Malang gelar seminar pendidikan dengan narasumber Bupati Kabupaten Pacitan Dr. Indartato, M.M. Seminar yang diselenggarakan di gedung Graha Cakrawala UM Sabtu (7/9) dihadiri oleh 1024 mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Malang.

semUPI4

Peserta seminar merupakan calon wisudawan yang akan menerima ijazah keesokan harinya pada acara Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Seminar pendidikan dengan tema membangun SDM yang tangguh dan kreatif di era revolusi industri 4.0. dibuka oleh Direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si.



Melengkapi rangkaian kegiatan seminar pendidikan juga diselenggarakan kegiatan Temu Wicara antara mahasiswa UT Malang dengan jajaran pimpinan. Rangkaian acara sebelum Seminar Nasional Wisuda UPBJJ UT MalsemUPI1ang tanggal 7 September 2019, didahului oleh acara Temu Wicara dengan jajaran pimpinan UPBJJ UT Malang. Pada kesempatan tersebut temu wicara bertambah istimewa sebab ada 2 (dua) Direktur UT yang berkesempatan hadir, yakni Direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si dan Direktur UT Semarang Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd yang mengisi acara temu wicara tersebut.

Direktur UT Semarang Dra Barokah Widuroyekti, M.Pd., sebelumnya menjabat sebagai Direktur UT Malang, lanjut ditugaskan menjadi Direktur UT Semarang. Beliau kemudian digantikan oleh Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si., sebagai Direktur UT Malang periode tahun 2019 – tahun 2023.

semUPI2

Isi temu wicara selain perkenalan juga diisi oleh tanya jawab dan masukan dari - ke calon wisudawan dengan para pimpinan UPBJJ UT Malang untuk layanan UT Malang secara khusus dan UT secara umum. Pada kesempatan tersebut mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada jajaran pimpinan Universitas Terbuka Malang. Kesempatan mengajukan pertanyaan tersebut tidak disia-siakan oleh peserta seminar. Tanya jawab banyak didominasi pertanyaan tentang beasiswa dan kasus nilai yang tidak keluar, semua sudah dijawab oleh Manajer Registrasi dan Assesmen Drs. Daryoko dan Manajer Bantuan belajar dan Layanan Bahan Ajar Soraya Habibi, SPd., M.Si. Terkait dengan dengan pertanyaan tentang peluang kerja lulusan S1 PAUD, dijawab oleh Direktur UT Malang, bahwa peluangnya besar, sebab ada kebijakan pembangunan desa mensyaratkan 1 desa 1 lembaga PAUD.

Selain seminar pendidikan dan temu wicara, peserta seminar juga mendapat pemaparan tentang organisasi Ikatan Alumni (IKA) Universitas Terbuka oleh ketua alumni IKA UT Malang.

Dalam pemaparan materi seminar pendidikan, narasumber Bupati Pacitan Dr. Indartato, M.M menyinggung kesiapan SDM dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 saat ini. Menurut Bupati Pacitan dua periode ini, kemajuan teknologi dalam perkembangan jaman harus dibarengi oleh peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “Kualitas SDM menjadi kunci kesiapan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, terutama kualitas pendidikan yang harus terus ditingkatkan”, sebut Dr. Indartato, M.M.

 semUPI3Dalam kesempatan tersebut Dr. Indartato, M.M turut menceritakan kisah hidupnya. Bagaimana perjalanannya yang dimulai dari bawah hingga menjadi orang nomor satu Kabupaten Pacitan. Dalam ceritanya, beliau menyebutkan bahwa ada tiga hal yang harus dimiliki dan dilakukan untuk mencapai keberhasilan. Pertama adalah kemauan yang kuat, lalu menjunjung tinggi kejujuran, serta selalu pasrah pada sang pencipta. “Ketiga hal tadi merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai kesuksesan”, sebutnya. Pada kesempatan seminar tersebut, peserta seminar diberi kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Sebanyak 5 pertanyaan ditanyakan peserta kepada narasumber Dr. Indartato, M.M siang itu.



Kontributor : Lulus Sugeng Triandika dan Florentina Ratih Wulandari