PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

UT Malang Kukuhkan 1024 Orang Lulusan

Malang – Bertempat di Graha Cakrawala UM sebanyak 1024 wisudawan Universitas Terbuka Malang disahkan gelar akademiknya melalui penyerahan ijazah. Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Universitas Terbuka Malang tersebut diselenggarakan pada hari minggu (8/9). Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) UT Malang dibuka oleh Direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si.UPI1.5 Turut hadir sebagai undangan adalah pengurus kelompok belajar, pimpinan dari bank mitra UT Malang, pimpinan Dinas Pendidikan Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga kependidikan  (GTK) Suhartatik, S.Pd., M.Pd., dan pimpinan Universitas Negeri Malang yang merupakan mitra UT malang, diwakili oleh Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. Sedangkan perwakilan dari Universitas Terbuka (UT) pusat adalah Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Agus Santoso, M.Si.


 Dalam sambutan pembukaan UPI, Direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si. menyebutkan bahwa dunia pendidikan dasawarsa ini mengalami perubahan dari pendidikan konvensional ke arah pemanfaatan akses dan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana penunjang pembelajaran. SehinggaPerguruan Tinggi (PT) didorong untuk melakukan inovasi,
UPI1.1perkuliahan
tidak dapat lagi bertumpu pada sistem pembelajaran konvensional, melainkan penerapan sistem pembelajaran secara blended,  online learning, dan kolaborasi dengan perguruan tinggi lain.

UT telah memanfaatkan teknologi dengan baik,  beradaptasi dan memaksimalkan kelebihan dari peluang di era siber ini.Inilah bukti nyata UT mempersiapkan lulusannya menjadi pribadi yang berkompeten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk ikut ambil bagian menuju Indonesia Unggul”, sebut Direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si.

Peserta Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) periode 2019.1 terdiri dari 933 lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 65 lulusan dari Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), 19 lulusan Fakultas Ekonomi (FE), UPI1.41 lulusan dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST)serta 6 orang lulusan dari Program Pascasarjana. Jumlah lulusan terbanyak berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)berjumlah 933 yang terdiri dari 502 lulusan dari Program Studi PGSD, 429 lulusan dari Program Studi PGPAUD, serta 2 orang lulusan dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UPI periode 2 tahun akademik 2019.2 di Malang merupakan bagian dari rangkaian prosesi Wisuda Universitas Terbuka yang sebelumnya telah dilakukan di Universitas Terbuka Convention Centre (UTCC) UT Pusat di Tangerang Selatan, Banten.

Pada kesempatan tersebut sebanyak tiga orang lulusan berprestasi mendapat apresiasi dari UT Malang. Ketiga lulusan berprestasi antara lain adalah Susi Larasati yang berasal dari Program Studi PGSD, UPI1.3kemudian Edty Dwi Maulidyah dari Program Studi PGPAUD, terakhir adalah Anggun Cucu Priwahyuni merupakan lulusan Program Studi Ilmu Perpustakan. Ketiga orang lulusan berprestasi tersebut menerima apresiasi dari jajaran pimpinan Universitas Terbuka di atas panggung. Terdapat juga beberapa lulusan yang  mendapat apresiasi karena gigih menyelesaikan studi dalam kondisi sakit, salah satunya adalah lulusan yang terkena stroke yang mampu hadir langsung menerima ijazahnya di Graha Cakrawala UM. 



Kontributor : Lulus Sugeng Triandika & Andi Lopa Ginting