PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

Kiprah Abdimas UT Malang 2019 : Reading Corner untuk Anak-Anak dan Remaja Arjowinangun

Setiap tahun UT melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, sebagai implementasi tridarma perguruan tinggi. Pengabdian masyarakat sebagai bentuk corporate social responsibility UT, diarahkan untuk community development yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, di antara beberapa kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas) UT Malang Tahun 2019, salah satu kegiatannya adalah pembentukan sekaligus revitalisasi taman bacaan masyarakat untuk anak-anak dan remaja (TBM AkAR) di wilayah RW 05 Puri Cempaka Putih I Kelurahan Arjowinangun. Tim Abdimas UT 2019 dengan program TBM (Reading Corner) AkAR Arjowinangun terdiri dari Florentina Ratih Wulandari, M.Si (Ketua), Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd (Anggota), Sri Wahyu Kridasakti, SH., MH. (Anggota), Soraya Habibi, SPD., M,Si. (Anggota), Dr. Pardamean Daulay, M.Si (Anggota) (pindah tugas ke UT Surabaya).

Hibah Abdimas UT 2019, diwakili Ibu Dra. Barokah W, M.Pd., kepada Masyarakat RW 05 Arjowinangun

      Abdimas2.3

Dok. Pribadi

Kunjungan Monitoring UT Pusat pada TBM AkAR

Abdimas2.4

Dok. Pribadi

TBM AkAR di RW 05 Arjowinangun dimaksudkan untuk mencegah dan mengurangi bahaya ketergantungan gagdet pada anak-anak dan remaja yang akhir-akhir ini menjadi keprihatinan para orangtua. Keprihatinan tersebut pada pertimbangan sosial ekonomi, terlebih wilayah Arjowinangun merupakan wilayah perbatasan Kota Malang dan Kabupaten Malang yang sangat strategis sebagai wilayah sub-urban dengan karakteristik masyarakat yang sarat dengan budaya kekeluargaan dan gotong royong (gemeinschaft).Tempat TBM AkAR berintegrasi dengan kantor Posyandu, dan PAUD RW 05, sehingga strategis untuk anak-anak dan remaja serta para orangtua meluangkan waktu untuk membaca koleksi pustaka. Tempatnya nyaman karena ada gelar koleksi urban farming.

Audensi dengan Ibu Walikota, RW, Posyandu, Karang Taruna dan Kelurahan Arjowinangu           Abdimas2.1 Abdimas2.2

Sumber: Dok Pribadi

TBM AkAR memiliki nilai tambah pada kegiatan Ijo Royo-Royo dan urban farming yang dilaksanakan oleh wilayah RW 05 Arjowinangun, dimana Ijo Royo-Royo dan urban farming adalah program pemerintah Kota Malang. Oleh sebab itu, kunjungan Ibu Walikota Malang beserta Lurah dan jajaran Kelurahan Arjowinangun pada kegiatan urban farming, dilengkapi pula kunjungan pada TBM AkAR UT Malang. Audensi Ibu Walikota Malang, Bapak Lurah, Bapak RW, Posyandu, Karang Taruan setempat dengan Tim Abdimas UT, menunjukkan sinergitas pemerintahan antarpemangku kepentingan dan pembangunan community developement berbasis literasi terkait urban farming untuk tujuan pembangunan lingkungan yang humanis, bernilai dan berkelanjutan.

Kotributor : Florentina Ratih Wulandari