PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

Jaga Kualitas Tutorial, Universitas Terbuka Malang gelar Monitoring ke Daerah

Malang - UT Malang melakukan Monitoring Tutorial Tatap Muka (TTM) Prodi PGSD dan PGPAUD pada hari Sabtu (19/10) dan Minggu (20/10). TTM di wilayah UT Malang dilaksanakan di 13 kabupaten dan kota, yakni Kota Pasuruan, Kota Malang, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Blitar, Kab. Pasuruan, Kab. Malang, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung, Kab. Trenggalek, Kab. Kediri, Kab. Nganjuk, Kab. Pacitan. Kegiatan TTM untuk masa registrasi 2019.2 diselenggarakan oleh 28 Kelompok Belajar (Pokjar) dengan total 35 lokasi tutorial yang tersebar di eilayah kerja UT Malang.

monitor1

Kegiatan Tutorial Tatap Muka oleh Pokjar Kabupaten Kediri SMAN 1 Gurah, Kab. Kediri. Foto: Andi Lopa Ginting

 

Tujuan monitoring TTM sejatinya adalah untuk memastikan proses tutorial efektif dan sesuai prosedur. Sehingga antara tutor dan mahasiswa bisa memaksimalkan konsep sistem belajar jarak jauh. Terdapat beberapa aturan terkait pelaksanaan TTM yakni Tutor wajib datang tepat waktu, membawa RAT SAT, Catatan Tutor, Daftar Kehadiran dan lain sebagainya. Bersamaan dengan itu tim Monitoring UT Malang juga mengevaluasi kelayakan dan kesesuaian tempat tutorial, Seluruh kelas tutorial terjadwal dan terlaksana, Tutor hadir sesuai Surat Tugas, Kelas dengan jumlah mahasiswa max 35 orang.

monitor2

Tim Monitoring tengah mewawancara Tutor di kelas tutorial bertempat di SMK Pawyatan Daha 1 Kota Kediri Foto: Lulus Sugeng Triandika

Pada Monitoring yang dilaksanakan oleh Tim UPBJJ, semua tutor diwawancara singkat untuk memberikan informasi singkat mengenai TTM khususnya di kelas yang diampu Tutor tersebut. Oleh karena pentingnya monitoring TTM ini, Tutor atau tenaga pengajar yang merupakan relasi dari UPBJJ-UT Malang, diharapkan mampu menjalankan pelaksanaan tutorial tatap muka (TTM) di wilayah Pokjar masing masing. Oleh karena itu, baik Pengurus Pokjar dan Tutor dalam hal ini dapat bekerjasama untuk membantu mahasiswa pada perkuliahan tatap muka agar tetap semangat dalam belajar secara mandiri. Terutama dalam konsep belajar mandiri melalui Buku Materi Pokok (BMP) yang telah diberikan, Mengerjakan Tugas yang diberikan kepada mahasiswa dan mengikuti inisiasi tutorial tatap muka (TTM) maupun Tutorial Online (TUTON).

KONTRIBUTOR : ANDI LOPA GINTING, SE., ME dan Lulus Sugeng Triandika, M.I.Kom.