PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA PERIODE II, TGL 14 OKTOBER 2019 s/d 14 NOVEMBER 2019

Seminar Infopreneur Mahasiswa Milenial UT

MALANG – Ada yang berbeda pada hari minggu kemarin (23/11) di Aula UT Malang. Jika biasanya hanya ada jadwal tutorial, namun tidak untuk hari itu. Mahasiswa bidik misi dan CSR UT Malang terlihat menghadiri seminar bertema Creative Innovative In Digital Era For The Bright Future”. Seminar diisi oleh dua narasumber, pertama oleh Hari Obbie Darmawan & M. Asrifudin Yudistira AR dari channel youtube Kamu Juga Bisa, dan Abdul Wahid S.Ikom, M.A yang merupakan parktisi di bidang entrepreneur. Sebanyak 80 peserta seminar hadir untuk menggali ilmu seputar dunia entrepreneur, khususnya dalam era 4.0 sekarang.

Seminar infopreneur dibuka langsung oleh direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati pada pukul Wib. 08.00. Dalam sambutan pembukaan, beliau bepesan kepada peserta seminar untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mengembangkan kemapuan dan potensi diri. Beliau sangat mengapresiasi adanya acara seminar karena sebagai ajang bagi mahasiswa untuk menimba ilmu tambahan. “Saat ini adalah era digital yang harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh generasi penerus bangsa”, pesan Dr. Lilik Sulistyowati.

infopreneur

Sesi pertama seminar diisi oleh dua orang narasumber yang merupakan pengelola chanel youtube kmu juga bisa. Channel yang digagas oleh Hari Obbie Darmawan & M. Asrifudin Yudistira AR ini memiliki lebih dari 170ribu subscriber. Sebagai kontent creator, mereka membagikan pengalaman dan ilmu nya kepada peserta seminar berkaitan dengan infoprenuer.”Harus berani memulai sesuatu , jangan takut, jangan ragu, mulailah memberi manfaat terhadap orang lain, maka itu akan menciptakan attention dan bisa menjadi mata uang baru”, pesan M. Asrifudin Yudistira AR.

Menjadikan sesuatu yang awalnya sederhana menjadi luar biasa dengan teknologi komunikasi dan informasi saat ini maka sangat mudah bagi millenials. Sosial media bisa digunakan untuk usaha apapun. “Modal bukan masalah, yang paling penting adalah berani memulai dan memanfaatkan semua infrastruktur yang sudah ada”, sambung Hari Obbie Darmawan.

Narasumber selanjutnya adalah Abdul Wahid S.Ikom, M.A yang berfokus memberikan materi tentang manajemen menjadi infopreneur.Menurut Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya ini, kondisi saat ini membuat kita lebih mudah dalam mengembangkan suatu usaha. Pasar sekarang lebih luas bukan hanya pasar fisik tapi juga pasar digital, jaringan saat ini bisa diakses dengan sangat mudah, tergantung bagaimana cara memanfaatkannya. “Temukan ide/ gagasan, eksekusi. Ide yang baik adalah gagasan yang memungkinkan bisa dieksplor, terang Abdul Wahid S.Ikom, M.A.

Seminar tersebut juga diisi oleh penampilan dari komunitas Pena Hitam Art Gallery. Komunitas anak muda asal Wajak, Kabupaten Malang, ini memamerkan berbagai karya seni hasil kreatifitas mereka. Dimulai dari lukisan pada media kanvas, hingga seni lukis pada berbagai media termasuk kerudung. Seminar resmi ditutup pada pukul Wib. 12.30 ditandai dengan sesi foto bersama dengan pemateri. Tidak ketinggalan penyerahan hadiah bagi peserta seminar yang melemparkan pertanyaan kepada pemateri.

Kontributor: Lulus Sugeng Triandika