Pendaftaran mahasiswa baru UT Program Sarjana dan Diploma semester 2019/20.2 bisa dilakukan melalui laman https://sia.ut.ac.id/ atau ke UPBJJ-UT terdekat sebelum 22 Januari 2020.

Sinergitas Pengurus Pokjar dan UT Malang Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Mahasiswa

MALANG – Jumlah Angka Partisipasi kasar (APK) mahasisiwa di Indonesia dinilai masih kurang. Berdasar alasan tersebut maka Univesitas Terbuka (UT) diberi mandat oleh Kemenristekdikti dalam upaya meningkatkan APK. Universitas Terbuka (UT) khususnya cabang perwakilan di seluruh Indonesia berkomitmen berupaya meningkatkan jumlah APK, terlebih bagi UT Malang. Dalam upaya peningkatan APK di wilayah kerjanya, UT Malang melakukan berbagai strategi. Salah satunya adalah mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama Pokjar di Hotel Klub Bunga Batu (9/11). Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut mengambil tema “Menguatkan Peran Pokjar dalam Memaksimalkan Kuantitas dan Kualitas Mahasiswa UPBJJ-UT Malang”.


Rapat Koordinasi Daerah berlangsung selama dua hari, yakni hari sabtu (9/11) dan hari minggu (10/11). Dalam kegiatan tersebut mengundang perwakilan pengurus Pokjar di UT Malang yang tersebar di 13 Kabupaten dan Kota. Direktur UT Malang Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si. membuka langsung, dalam sambutannya beliau mengapresiasi pokjar dalam membantu UT Malang. Dalam rapat tersebut dibahas tiga topik utama yakni, tentang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA), Registrasi dan Ujian (Regjian), dan Sosisalisasi dan Promosi (Sosprom). Selain ketiga materi bahasan tadi, turut juga dibahas tentang hasil Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Universitas Terbuka yang telah dilaksankan di Jogjakarta pada bulan Oktober 2019.


rakorda2019


Guna menghasilkan gagasan yan tepat dalam menjawab berbagai hambatan yang kerap terjadi. Maka peserta rapat dibagi menjadi tiga kelompok untuk selanjutnya mengadakan diskusi panel dalam ruangan yang telah disediakan. Selanjutnya hasil diskusi dirangkum oleh ketua kelompok untuk dipresentasikan ke seluruh peserta Rapat. Presentasi kelompok menjadi acara utama sebagai tindak lanjut solusi berbagai hambatan.

Secara umum Rakorda berlangsung lancar serta menghasilkan beberapa keputusan. Salah satunya adalah dalam bidang Sosialisasi dan Promosi, semua pengurus Pokjar sepakat menyamakan persepsi. Penyamaan persepsi dalam melakukan sosprom diharapkan mampu mendapatkan hasil yang baik sesuai luaran yang diharapkan. Terutama dalam hal upaya peningkatan jumlah mahasiswa baru UT. Dalam agenda Rakorda terdapat agenda penandatanganan MOU antara UT Malang dengan pengurus Ikatan Alumni UT.

Kontributor: Lulus Sugeng Triandika