Pendaftaran mahasiswa baru UT Program Sarjana dan Diploma semester 2019/20.2 bisa dilakukan melalui laman https://sia.ut.ac.id/ atau ke UPBJJ-UT terdekat sebelum 22 Januari 2020.

UT menembus batas, meraih cita pendidikan tinggi tuntas

Malang - UT terbukti memberikan kesempatan tanpa batasan fisik, usia, latarbelakang bagi semua kalangan untuk dapat memperoleh pendidikan tinggi.  Sistem perkuliahan UT mampu memberikan memberikan kompetensi yang diharapkan oleh mahasiswanya. Salah satu alat pengukur kompetensi adalah penyelenggaraan Ujian Akhir Semester (UAS) Universitas Terbuka, yang dilakukan dengan mengacu pada standar ISO UT.

Untuk tahun 2019 atau pada masa registrasi 2019.2 UPBJJ UT Malang melaksanakan penyelenggaraan UAS pendas dan non pendas sekaligus di beberapa kabupaten/Kota wilayah kerja UPBJJ UT Malang. UAS masa registrasi 2019.2 diselenggarakan serentak di 13 Kabupaten/Kota yang berada di wilayah kerja UT Malang. UAS UT Malang untuk tingkatan Sarjana dan Diploma diselenggarakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 8, 14, dan 15 Desember. Sedangkan untuk tingkatan Pascasarjana diselenggrakan selama 4 hari, dimulai tanggal 7, 8, 14, dan 15 Desember 2019.

uas192

Seperti penyelenggaraan UAS UT di Kota Kediri pada hari minggu (8/12) yang terbagi menjadi tiga lokasi.  Ketiga lokasi UAS di Kota Kediri antara lain SMK Pawyatan Dhaha 1 Kediri, SMP Pawyatan Dhaha 1 Kediri dan MAN 2 Kota Kediri. Terdapat 82 kelas ujian dengan jumlah mahasiswa di MAN 2 sebanyak 2639 peserta, di SMP Pawyatan Dhaha 1 sebanyak 1373 peserta dan di SMK Pawyatan Dhaha 1 sebanyak 1413 peserta.

Selain Kota Kediri, UAS UT malang juga diselenggarakan di Kota Malang yang bertempat di SMAN 6 dan SMPN 10. Terdapat 80 kelas di SMAN 6 dan SMPN 10 dengan peserta ujian sebanyak 5419 peserta yang terbagi menjadi 5 sesi  ujian. Sesi ujian pertama dimulai pukul Wib. 07.00 sampai pukul Wib. 08.30, sedangkan sesi ujian terakhir atau kelima dimulai pukul Wib. 14.30 sampai pukul Wib. 16.00.

Ribuan peserta dapat terlayani dengan lancar dan baik, walaupun beberapa perlu ada perbaikan terutama dari kasus pelanggaran tata tertib atau kedisiplinan para peserta dalam mengikuti UAS 2019.2. Sanksi tegas diberikan bagi peserta ujian yang melanggar tata tertib ujian. Oleh sebab itu pada setiap sesi ujian pengawas ruang ujian selalu membacakan tata tertib ujian guna mengingatkan peserta ujian untuk mengerjakan ujian dengan baik dan tertib.

Terdapat beberapa peserta ujian yang merupakan penyandang disabilitas yang mengikuti UAS UT Malang. Salah satunya adalah peserta ujian yang mengikuti ujian di SMAN 6 Kota  Malang. Mahasiswa semester 7 Ilmu Hukum bernama Lathif Waly Anwar mengikuti UAS diantar oleh Ayahnya. Lathif mengikuti ujian dengan nyaman dan mampu menjawab soal-soal ujian dengan lancar.

 

Kontributor: Florentina Ratih Wulandari dan Lulus Sugeng Triandika