Pendaftaran mahasiswa baru UT Program Sarjana dan Diploma semester 2019/20.2 bisa dilakukan melalui laman https://sia.ut.ac.id/ atau ke UPBJJ-UT terdekat sebelum 22 Januari 2020.

Peresmian Kelompok Belajar (Pokjar) Pesantren Cinta Al-Quran

MALANG – UT Malang terus berkomitmen menghadirkan akses pendidikan tinggi berkualitas tanpa batasan. Bukti komitmen UT Malang adalah peresmian Kelompok Belajar (Pokjar) Pesantren Cinta Al-Quran pada hari minggu (22/12) kemarin. Pokjar Pesantren Cinta Al-Quran berlokasi di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

            Peresmian Pokjar dihadiri oleh Direktur UT Malang, Kasubag TU, serta staf Dosen. Sedangkan dari pengurus Pokjar dihadiri oleh Pembina Pondok Pesantren Cinta Al-Quran, staf pengajar, para santri, serta perwakilan orang tua santri. Peresmian Pokjar ditandai dengan pendantangan MOU antara Direktur  UT Malang, Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si. dan Pembina Pondok Pesantren Cinta Al-Quran, Ustadz Deden Zainal Abidin, M.Pdi.

            Mewakili UT Malang, Kasubag TU Bapak Kuncoro Seno, S.Pd. menyebut dengan hadirnya Pokjar diharapkan memudahkan masyarakat untuk mengakses pendidkan tinggi. Universitas Terbuka khususnya UT Malang selalu berkomitmen menghadirkan akses pendidikan tinggi berkualitas dimana saja dan diakses siapa saja. “Kami mengapresiasi semangat pengurus Pokjar Pesantren Cinta Al-Quran untuk menghadirkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Desa Sitiarjo”, sebut Bapak Kuncoro Seno, S.Pd.


pokjar2020


            Dalam sambutannya, Ustadz Deden menyebut bahwa kehadiran Pokjar UT Malang bisa menjadi jawaban dari kebutuhan akses pendidikan bagi masyarakat. Pasalnya akses yang terbilang cukup jauh dari pusat kabupaten menyebabkan kesulitan masyarakat yang ingin melajutkan pendidikan tinggi. Mayoritas masyrakat harus meninggalkan daerahnya untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Sehingga dengan hadirnya Pokjar diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi. “Dengan adanya pokjar, semoga bisa memudahkan masyarakat sekitar untuk bisa mengakses pendidikan dengan biaya relatif terjangkau”, jelas ustadz Deden.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa tamu undangan diberi kesempatan menanyakan berbagai hal seputar sistem perkuliahan di Universitas terbuka. Salah satunya adalah pertanyaan tentang sistem alih kredit  bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di UT. Pertanyaan dari tamu undangan langsung dijawab oleh direktur UT Malang, Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si. Selain pertanyaan seputar alih kredit, pertanyaan lain yang terlontar dari tamu undangan adalah seputar proses transfer termpat tutorial bagi mahasiswa UT yang tadinya berada sangat jauh dari tempat tinggalnya. Namun, dengan adanya Pokjar Pesantren Cinta Al-Quran diharapkan bisa menjembatani permasalahan seputar lokasi tutorial yang tadinya berlokasi cukup jauh dari Desa Sitiarjo.

            Peresmian Pokjar Pesantren Cinta Al-Quran turut diisi dengan acara santunan anak yatim oleh pengurus pondok pesantren. Kemudian diakhiri dengan pemotongan pita di pintu gerbang area Pondok Pesantren Cinta Al-Quran disaksikan oleh tamu undangan.

Kontributor: Lulus Sugeng Triandika