Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Denah Lokasi UO UT Malang di Universitas Muhammadiyah Malang Lokasi UjianTatap Muka ( UTM ) Masa 2023.2 admisi & registrasi mahasiswa baru tahun 2023 genap
Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Denah Lokasi UO UT Malang di Universitas Muhammadiyah Malang Lokasi UjianTatap Muka ( UTM ) Masa 2023.2 admisi & registrasi mahasiswa baru tahun 2023 genap

Berita

Menggurat Pena Mengasah Asa : Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Kota Batu, Kediri dan Pasuruan (Bagian I)

Selasa, 07 Desember 2021

Menggurat Pena Mengasah Asa : Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Kota Batu, Kediri dan Pasuruan (Bagian I)

Sebelum para mahasisiwa Universitas Terbuka Malang menjalani perkuliahan, para mahasiswa akan dibekali beberapa bahan orientasi belajar jarak jauh Universitas Terbuka, yang dikenal sebagai Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diselenggarakan di 13 Kota/Kabupaten wilayah kerja UPBJJ UT Malang. Tujuan kegiatan PKBJJ ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar di UT sehingga memiliki kesiapan dan kebertahanan yang dapat mendukung keberhasilan studi para mahasiswa di UT, termasuk bagi para mahasiswa UT Malang.

 

Bahan yang disampaikan juga seragam susbtansinya yanmana merupakan kebutuhan mahasiswa UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh, tetapi diberi pengayaan sesuai kontekstual masing-masing pengalaman dan diskusi kelas agar materi yang disampaikan dapat dipahami para mahasiswa selaras alam yang dialami para mahasiswa masing-masing. Poin pentingnya, pelaksanaan PKBJJ pada masing-masing Kota dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat. Artinya, semua pihak yang terlibat, baik Pihak Sekolah, Petugas ujian dan mahasiswa peserta ujian telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker dan handsanitizer serta tetap menjaga jarak pada saat kegiatan berlangsung. Pada kisah kali ini, akan dipaparkan kegiatan PKBJJ Kota Batu, Kediri dan Pasuruan.

 

PKBJJ Kota “Santri” Pasuruan

 

Sinar matahari pagi yang mulai menyengat tidak melunturkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan PKBJJ. Kegiatan PKBJJ Masa 2021.2 bertempat di SMK PGRI 1 PASURUAN dengan menggunakan ruang belajar dan 2 Laboratorium Komputer 4 kelas. Kegiatan PKBJJ Kota Pasuruan dibagi 4 kelompok kelas selama 3 hari dari hari Selasa sampai dengan Kamis pada tanggal 28-30 Maret 2021.

 

Begitu antusias dan rasa ingin segera kuliah terbangun, sehingga beberapa mahasiswa yang juga bekerja di beberapa instansi atau lembaga, ikut menyusul kegiatan, bahkan ada yang terpaksa terlambat. Walau terlambat, para mahasiswa tersebut tetap bersemangat mengikuti kegiatan dan meminta bahan tambahan, sehingga pemateri ada yang memberikan waktu khusus untuk menjelaskan materi bagi para mahasiswa yang terlambat datang ataupun yang menyusul kegiatan.

 

Para peserta perkelas sekitar 25 orang, dan pelaksanaan berlangsung dinamik dengan diskusi kelas. Para petugas berasal dari para Staf UPBJJ UT Malang, terdiri dari Indra Wahyuni, SE ; Erna Widhiastuti, SE; Lulus Sugeng Triandika, M.I.Kom; Florentina R Wulandari, M.Si; Andilopa Ginting, ME, Helmi Prasetyo Ardiansyah, S.I.Kom dan Yudi Wira Candra, SKOM, yangmana nama-nama tersebut sebagai pemateri. Kemudian, sebagai staf pendukung dan fasilitator, antara lain: Sutrisno dan M. Darmono.

 

Berikut dokumentasi dari liputan kegiatan PKBJJ di Kota Pasuruan…adakah diantaranya Saudara atau Saudari?...

Bagikan:

Berita Lainnya

Infografis

Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang

Berita

Video

Pengumuman

Informasi