Rekrutmen Korektor Tugas Matakuliah UT Malang Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Denah Lokasi UO UT Malang di Universitas Muhammadiyah Malang Lokasi UjianTatap Muka ( UTM ) Masa 2023.2
Rekrutmen Korektor Tugas Matakuliah UT Malang Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang Denah Lokasi UO UT Malang di Universitas Muhammadiyah Malang Lokasi UjianTatap Muka ( UTM ) Masa 2023.2

Berita

Filosofi Kincir Air dalam Pengabdian Masyarakat UT Malang: Pembekalan Guru TK/PAUD Al Azzhar Pakis Kabupaten Malang

Selasa, 07 Desember 2021

Filosofi Kincir Air dalam Pengabdian Masyarakat UT Malang: Pembekalan Guru TK/PAUD Al Azzhar Pakis Kabupaten Malang

Ilmu sebagai suatu alat untuk kehidupan, tidak dapat bermanfaat manakala ilmu dalam bentuk teori, tidak didampingi oleh pendekatan praktik-praktik ilmu terkait. Agar ilmu tersebut dapat menjadi cahaya yang bermanfaat bagi kehidupan insan dalam pengelolaan jagad raya, maka teknologi penyampaian ilmu perlu disampaikan kepada para penyampai ilmu yang kemudian, sehingga ilmu-ilmu yang dikembangkan dapat dipahami dan digunakan secara luas dan dapat dipertanggungjawabkan secara moral.

Untuk itu, salah satu upaya diseminasi teknologi pendidikan dan pengajaran agar tersampaikan ilmu manfaat tersebut, maka UPBJJ UT Malang melaksanakan tugas tri darma para dosen UPBJJ-UT Malang. Bentuknya adalah melakukan kegiatan pendampingan bagi para guru-guru di lingkungan yayasan AL-Azzar di Pakis, Kabupaten Malang. Dalam kegiatan Abdimas yang diketuai oleh Jony Puspa Kusuma, M.Si (FE) dan beserta anggota Drs. M.Syarif (FKIP), M.Pd, Drs. Elpipres, M.Pd (FKIP), Andi Lopa Ginting, SE., ME (FE), Rizka Furqorina, SE., M.Si (FE) dan Lulus Sugeng Triandika, M.Ikom (FHISIP) yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2021 ini dengan tema peningkatan kompetensi guru TK/PAUD dalam membuat karya ilmiah (Karil) serta pembelajaran PTK yang terstruktur dengan tepat. Materi pertama yang dibawakan oleh dosen FKIP Universitas Terbuka Malang menjelaskan mengenai PTK bahwa kajian tentang situasi sosial, dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan didalamnya. Seluruh proses, telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengaruh menciptakan hubungan yang diperlukan antara evaluasi diri dan perkembangan profesional untuk para guru. Di sisi lain, penjelasan mengenai karya ilmiah yang dibawakan oleh Jony Puspa Kusuma, SE.,(FE) M.Si, Andi Lopa Ginting, SE., ME (FE), Rizka Furqorina, SE., M.Si (FE) dan Lulus Sugeng Triandika, M.Ikom (FHISIP) menjelaskan bahwa karya tulis ilmiah adalah suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan sebagai guru TK/PAUD AL-Azzhar.

Kegiatan tersebut, merefleksikan filosofi kincir air, dimana ilmu dalam bentuk teori, diolah kembali untuk menjadi bentuk yang lebih manfaat bagi para guru dalam bentuk praktik dan klinik sederhana tetapi komprehensif tuntas teori sekaligus praktik, bagi para guru sebagai penyampai ilmu kepada para murid-muridnya. Teori bagaikan air yang tenang yang manakala tidak dibantu dengan kincir air, tidak akan mengandung banyak oksigen. Oleh sebab itu, air yang tenang perlu diolah melalui kincir air agar menghasilkan air kaya oksigen yang dibutuhkan ikan dan tumbuhan yang ada dalam lintasannya dan dapat menghasilkan tenaga listrik, sehingga ada multiplier. Demikian juga kegiatan pengabdian masyarakat ini, berguna untuk mengayakan pengetahuan para guru baik dai sisiteori dan praktik.

Dalam acara pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) ini langsung diterima oleh Nur Farida S.Pd.AUD.SPd.I (Kepala Sekolah) Yayasan TK/PAUD AL-Azzhar menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kaum guru khususnya di yayasan binaannya, sekaligus sebagai Alumni UPBJJ-UT Malang program studi PG-PAUD. Dalam sambutannya sangat antusias bersama dengan 10 guru lainnya yang ikut terlibat pada kegiatan ini. Acara ini secara antusias diikuti  pula para mahasiswa aktif UPBJJ UT Malang.

Pada sesi terakhir kegiatan, Para Dosen UPBJJ-UT Malang memberikan peralatan untuk membantu kegiatan para guru TK/PAUD AL-Azzhar, Pakis Kabupaten Malang dalam hal ini diserahkan oleh ketua tim Abdimas oleh Jony Puspa Kusuma, SE., M.Si. sesuai dengan harapan Tim abdimas UT Malang dapat membantu proses belajar yang bertujuan mencerdaskan bangsa. Belajar merupakan proses menjadikan insan anak bangsa menjadi cerdas.

Bagikan:

Berita Lainnya

Infografis

Undangan Pendampingan Wisuda UT Malang

Berita

Video

Pengumuman

Informasi